Memahami Perkara Sifat Dan Karakter

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Salam...!! Memahami Perkara Sifat Dan Karakter merupakan pembahasan kita untuk melengkapi postingan tertunda akan Daftar PR Manfaat Berbagi Kreativitas 2 di antaranya belum terpublik dan disini adalah 1 dari 2 daftar PR yang akan Saya coba bahas guna melengkapi artikel yang tertunda tersebut semoga manfaat dan sedikit banyaknya dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.

Memahami Sifat Manusia

Apa Itu Sifat? Sifat adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada Umat Manusia dibawa atau sudah terbentuk sejak lahir. Sifat disini apabila dilihat secara sekilas atau khusus (Manusia dengan Manusia) sifatnya semua terlihat jelek, yang ingin Saya tekankan adalah bagaimana kita dapat melihat secara umum, tidak hanya Manusia dengan Manusia tetapi juga antara Manusia dan Tuhan harus berdasarkan kondisi mengerti untuk mengkondisikan sifat manusia ini pada tempatnya agar sifat jelek manusia dapat menimbulkan sesuatu yang justru baik, bukan terhadap sesama melainkan terhadap Tuhan kita karena memang itu yang menjadi utama.

3 Sifat Manusia Yang Fitrah itu diantaranya adalah Sibuk, Berkeluh kesah dan Kikir. Dari ketiga sifat manusia 2 diantaranya sudah Saya bahas pada postingan terkait bisa dilihat dan telah Saya jelaskan juga so dibaca ya yakni tentang Sifat Manusia Adalah Sibuk dan Sifat Manusia Dalam Al Qur'an Adalah Berkeluh Kesah dari kedua sifat tersebut seperti yang sudah Saya sampaikan memiliki nilai negatif justru dan tidak sedikit pula diungkap baik melalui Al Qur'an dan Hadist mengenai perkara sifat jelek tersebut, namun Saya berfikir disini mengapa Allah memberikan sifat kita itu memiliki nilai yang tidak baik? perlu kita mencari tahu tentunya, ingin Saya jawab bedasarkan pemikiran faktor internal dan eksternal adalah kembali bagaimana kita dapat mengkondisikannya pada tempat yang benar agar menghasilkan sisi baik untuk hubungan kita kepada Tuhan, mungkin dari Sahabat pembaca ada yang ingin menambahkan?. Oleh karena itu Saya ingin menghimbau, mengajak para Sahabat sekalian khususnya Saya pribadi untuk menggunakan Potensi kita manusia baik yang ada dalam diri internal dan juga Mengenal Dan Memahami Potensi Eksternal Umat Islam dalam Memahami Perkara Sifat ini agar kehidupan kita didunia tidak berjalan pada kegelapan dan kebodohan yang disebabkan oleh tipu muslihat syaitan.

Memahami Karakter Manusia

Apa Itu Karakter? Karakter adalah sesuatu yang dihasilkan atau terbentuk dalam diri (internal) dan luar diri lingkungan (eksternal) yang menjadikan Pribadi Manusia itu dapat dilihat baik ataukah jelek tergantung bagaimana dirinya dan orang lain/ lingkungan yang terekam oleh pikiran kemudian menjadi kebiasaan karena aktifitasnya dilakukan secara terus menerus. Contoh, Keras Kepala. Mengapa keras kepala? pilihan contoh ini berdasarkan diskusi suara Sahabat Pembaca juga Saya ambil tentang Menurut Anda Keras Kepala Karakter Atau Sifat. Keras kepala itukan pemicunya adalah akal dan nafsu potensi dalam diri, ditambah dengan lingkungan yang membentuk karakter tersebut memaksa untuk dilakukan secara terus menerus, bisa disebabkan lingkungan yang memiliki karakter karena tidak berpendidikan dan tidak tegas. Beda ketika karakter keras kepada ini dihadapkan oleh karakter yang berpendidikan, tegas, memiliki karakter kepemimpinan. Nah disinilah yang Saya maksudkan karakter itu terbentuk didominasi oleh lingkungannya karena faktor lingkungan lebih besar pengaruhnya dari pada pengaruh dalam diri. Jadi.. pintar-pintarlah memilih lingkungan yang baik agar terbentuk karakter yang baik pula, berkumpul dengan orang-orang yang sholeh Islam pun mengajarkan merupakan salah satu dari 5 Perkara Obat Hati. Semoga setelah kita memahami pembelajaran kali ini dapat menghasilkan atau terbentuk karakter-karakter terbaik, baik itu terhadap sesama dan juga terhadap Tuhan kita Saya sudahi sampai disini sekian dan terima kasih Salam.


Berbagi Kreativitas Updated at: 20.01.00