Memahami 3 Sifat Fitrah Manusia Part II

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Salam..!! Kesempatan yang terakhir dan Insya Allah terakhir kalinya untuk melengkapi pembahasan tentang Memahami 3 Sifat Fitrah Manusia Part II ini merupakan postingan penutup untuk postingan pertama Memahami 3 Sifat Manusia Fitrah yang masih pending. Saya katakan kesempatan terakhir karena Saya ingin melanjutkan postingan berkala dengan full topik tidak setengah-setengah seperti sebelumnya dari 3-5 Daftar PR Berbagi Kreativitas yang tertunda. Takut waktu tidak mengijinkan Saya untuk melengkapinya selain itu Saya juga ingin meminta maaf apabila ada dalam penyampainnya kurang tepat ataupun tidak berkenan dihati para pembaca sekaian mohon untuk dikoreksi dan dimaklumi, karena Saya juga masih dalam tahap belajar Niat Saya tidak lain hanya ingin mengajak dalam kebaikan dan berharap Ridho Allah semata. Terima kasih juga Saya ucapkan kepada para Sahabat yang masih berkanan mengkoreksi dan memberikan sarannya kepada Saya. Next ya...!?

3 Sifat Manusia Fitrah Yang Terakhir Adalah Kikir

Agar full pemahaman para pembaca sekalian tentang pembahasan ini dan bila disini adalah kunjungan perdana Anda Saya sangat menganjurkan agar Anda dapat review kembali postingan sebelumnya pertama Sifat Manusia Adalah Sibuk Fitrah kedua Sifat Manusia Dalam Al Qur'an Adalah Berkeluh Kesah dan yang terakhir akan coba Saya bahas adalah Kikir. Kikir merupakan Sifat Fitrah Manusia yang terbentuk atau sudah ada dari lahir. Kikir memiliki nilai negatif dan bisa masuk dalam kategori Penyakit Hati apabila tidak dikondisikan pada tempat yang benar. Seperti yang sudah pernah Saya katakan bahwasannya sifat manusia itu cenderung lebih ke sisi negatif dari pada baiknya inilah yang dikatakan umat Manusia itu adalah umat yang amat zdolim, hina dan bodoh karena banyak sekali terdapat sifat tidak baik pada manusia sehingga timbul kekhawairan ketika amat yang telah kita Umat Manusia telah sepakati dapatkah terealisasikan dalam kehidupan didunia yang pana ini "Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zdolim dan amat bodoh" (SQ:Al-Ahzab:72) akan tetapi kembali bagaimana kita dapat memenejnya agar dapat berbuah dan mengarah kearah yang baik dihadapan Tuhan Allah Subhanahu WaTa'ala salah satunya bisa dengan cara Mengenal Dan Memahami Potensi Internal Eksternal Umat Islam yang Allah telah karuniai kepada kita. 

Sebenarnya Apa Itu Kikir? Kikir adalah sifat pelit sifat manusia yang amat tercela dalam bahasa arabnya adalah bakhil orang seperti ini adalah orang yang enggan dalam berbuat baik untuk menyisihkan sebagian hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan, bersodakoh, mempergunakan hartanya di Jalan Allah. Dalam Al Qur'an digambar "Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 3:180). Pada hari ini juga umat seluruh dunia yang Islam sudah mulai menuaikan perkara yang wajib yakni Menunaikan Zakat Rukun Islam ke 4 agar bersih harta kita umat Islam yuk mari... yang belum ataupun yang lupa bisa kembali diingat sudahkah membayar Zakat? Semoga rahmat dan berkah senantiasa dicurahkan kepada kita Umat Islam agar kembali ke Fitrah, karena tidak lama lagi kita akan menuju hari kemenangan.

Kondisi adalah situasi yang sangat amat penting Saya pikir untuk benar-benar diperhatikan, "Barang siapa pandai mengkondisikan segala persoalan apapun bentuknya pada tempatnya yang benar, yang Allah Ridho'i Insya Allah sekalipun sifat kikir bisa menjadi baik dihadapan-Nya". (Suhendri Mr). Saya ingin memberikan contoh. Ketika Anda  tahu ada teman ataupun tetangga yang hendak melakukan maksiat dan ketika itu Anda menolak untuk membantunya saat orang tersebut meminta pertolongan kepada Anda bisa dengan meminjamkan uang, kendaraan, tempat dll karena ada sifat Kikir Anda bisa menolaknya. Subhanallah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, Insya Allah pahala akan Anda raih. Semoga postingan ini bisa memotivasi dan memberikan pencerahan bagi kita semua yang beriman, akhirnya sampai disini dulu Saya cukupkan sekian dan terima kasih Salam.


Berbagi Kreativitas Updated at: 23.29.00