Tips Mudah Meningkatkan Performa Komputer

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - Tips Mudah Meningkatkan Performa Komputer adalah trik dan tips Ccara merawat perangkat elekronik komputer Personal Computer (PC) desktop ataupun portable seperti Laptop OS Windows Xp. Kendala akan dijumpai pengguna PC diatas meja (desktop) begitupun dengan PC portable ketika komputer pribadi ini sudah sering digunakan tanpa perawatan rutin, biasanya terjadi bagi teman-teman pengguna mungkin tidak begitu mengerti dengan perangkat komputer pribadi ini, diabaikan dan akhirnya berjamur. Sekarang sekalipun basic orang akan cepat mengerti jika dihadapkan dengan yang namanya komputer apapun itu jenisnya yakin tidak sedikit orang tetap tahu apa itu komputer secara umum, apa yang harus dibutuhkan dalam perawatan, security dan lain-lain pasalnya komputer saat ini sudah bisa dikatakan kebutuhan seperti halnya sandang pangan.
Tips Mudah Meningkatkan Performa Komputer
Seperti pada judulnya tips disini Saya akan racik sedemikian mudah untuk dapat dipahami sekalipun bagi orang yang awam tapi punya komputer. Banyak cara untuk meningkatkan Performa Komputer dilihat dari Sistem Operasi yang digunakan dalam hal ini adalah XP sangat mudah ditemukan. Pada dasarnya sama saja dengan OS lain selama masih dalam ruang lingkup Windows yang membedakan biasanya hanya thema, fitur, tata letak tool, navigasi, gengsi dan jenis Aplikasi jika kita menggunakan bantuan Program atau perangkat lunak untuk menjaga kinerja komputer agar tetap dalam keadaan stabil. Selain perbedaan diatas sebenarnya masih banyak, iya banyak gak suport sama program-program jadul fakta juga mengatakan bahwa OS Windows yang baru saat ini seperti Windows 7 dan sekarang Windows 8 masih banyak diabaikan pada ruang lingkup Perusahaan kantoran sebagai alat bantu bisnis mereka lebih memilih Xp.

Ada 5 Tips yang ingin Saya uraikan disini dan dapat digunakan ke-3 nya agar lebih ok lagi langkanya sangat mudah dan gak bikin ribet, berdasarkan referensi yang ada sekaligus implementasi untuk Laptop jadul Saya hasilnya wow ok punya sobat! Berikut adalah Cara Mudah Meningkatkan Kinerja Komputer/ Laptop Untuk Win XP

1. Setting System Properties
Klik Start menu berada disebelah kiri bawah desktop (Default position) klik kanan My Computer -> Properties -> Pilih menu Advanced -> Pada bagian Performance klik setting -> Visual effect pilih Adjust for best performance. Jika kamu masih ingin menggunakan visual efek default XP sisakan saja 3 pilihan disana berikut jenis visual efek yang tetap bisa kamu gunakan:
  • Use visual styles on windows and buttons
  • Smooth edges of screen fonts
  • Use drop shadows for icon labels on the desktop (jika shortcut program/ icon desktop ditampilkan)
Kamu juga masih bisa pilih yang lain mungkin penasaran, saran Saya abaikan saja kecuali 3 pilihan diatas soalnya dilihat dari fungsi tidak begitu penting dan jarang digunakan.

2. Menggunakan Autoruns Windows
Seperti yang telah Saya katakan diatas dari sekian banyak cara alat bantu seperti software masih menjadi pilihan handal. Dengan Software sangat detail informasi dapat kamu dapat sekitar Program otomatis yang aktif bersama windows ketika kompi Start up! ikut sibuk dengan kamu berpesta pora bikin penuh Memory komputer akibatnya semakin banyak program otomasi selama Start up Memory akan dimakannya sehingga Komputer berat. Dari sekian banyak program yang aktif sedikit yang memiliki peran penting salah satunya adalah Antivir selebihnya tidak perlu.

Untuk mempermudahh kamu disini Saya rekomendasikan jenis program otomatis/ autoruns entry yang dapat dinonaktifkan Download Sotfware Gratis Autoruns Windows v11.34 terlebih dahulu. Program ini sangat kecil dan ringan selain itu jenis Autoruns Program adalah portable mudah digunakan. Cara pakai double klik Autoruns aplikasi lalu pilih menu Logon pada list box akan terlihat data entry program pada komputer kamu yang aktif Unceklis program tidak penting berikut.
  • Adobe ARM (Adobe Reader and Acrobat Manager)
  • Alcmtr (Realtek Azalia Audio - Event Monitor)
  • AzMixerSel (Azalia Mixer Selector)
  • RTHDCPL (Realtek HD Audio Control Panel)
  • SynTPEnh (Synaptics TouchPad Enhancement)
  • Program instal tambahan yang jarang digunakan, bisa seperti Yahoo! Messenger dan lain-lain.
Tersebut adalah daftar program yang bisa Saya rekomendasikan kepada kamu dilihat dari fungsi dan aktifitas kerjanya tidak begitu penting untuk komputer pribadi.
Catatan:
kamu tetap bisa explore dari setiap menu yang ada tapi usahakan jangan diutak atik jika belum tahu saran Saya cari tahu dulu dari setiap fungsi masing-masing program yang ada tapi jika jenis program instal tambahan kamu masih bisa uncek kecuali 2 program userinit.exe dan exsplorer.exe
3. Disable Indexing Service
Dilihat dari fungsi aktifitas Indexing Service program pada komputer cukup banyak menggunakan Memory apabila data file komputer semakin banyak makan semakin banyak pula program tersebut memakan memory komputer. Bagi kamu yang jarang menggunakan fitur Find/ cari lebih baik disable saja karena jika dilihat dari aktifitas program yang selalu update daftar file secara berkala tidak heran jika kompi jadi semakin lemot, berikut cara untuk menonaktifkannya:
  • Klik tombol Start pilih Control Panel -> Double klik Add or Remove Programs
  • Pilih Add/ Remove Windows Components -> Indexing Service -> Klik tombol Next
  • Tunggu hingga selesai, Restart kompi jika diminta - done.
4. Gunakan Antivirus
Selanjutnya gunakan atau Instal Antivirus dengan volume startup tidak terlalu besar serta dapat membasmi Malware, banyak jenis Antivirus baik lokal ataupun luar yang dapat kamu gunakan tapi sebelum itu kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kinerja komputer dilihat dari speksifikasi komputer dan size/ volume startup antivir yang digunakan. Bagi kamu yang tertarik dengan pilihan Antivirus Saya gunakan silahkan Download Avast Gratis Plus Lisensi Avast Pro! alasan Saya memilih Antivir tersebut pertama karya anak bangsa, tidak hanya itu kemampuan dalam mendeteksi virus adalah global tidak kusus seperti pada antivirus-antivirus pada umumnya selain itu size startup antivurus ini tidak begitu besar dan tidak banyak memakan Memory.

5. Gunakan/ Instal CCleaner
Terakhir adalah program pembersih CCleaner baiknya kamu gunakan/ Instal. Fungsi dari CCleaner adalah sebagai perangkat pembersih file-file rusak, tidak penting atau korup (file sampah) pada sistem. Tidak sedikit orang tahu bahwasannya disistem itu akan banyak sekali menyimpan sampah akibat aktifitas pengguna kerjakan setelah uninstal program, Delete tanpa plus tombol Shift, cokies, history (Program online/ Informasi site) dan lain sebagainya apabila dibiarkan tidak hanya bestatus sebagai sampah dan bikin berat komputer tapi akan mengakibatkan menjadi virus bila dibiarkan begitu lama. Software tersebut sudah bisa kamu dapat disini Download Free CCleaner Versi 3.24 Terbaru

Banyak sekali tips untuk meningkatkan kinerja komputer agar lebih dari stabil tinggal bagaimana kamu jeli mencari informasi terkait perawatan ataupun security komputer sehingga tidak menjurus kepada perbaikan yang mungkin akan butuh biaya untuk perbaikan kompi yang sebenarnya masih bisa diminimalisir dan ditangani sendiri. Insya Allah disini kamu akan jumpai seputar Trik dan Tips komputer pada postingan-postingan berikutnya untuk hari ini Saya cukupkan dulu sekian dan terima kasih wassalam.


Berbagi Kreativitas Updated at: 01.30.00