Memahami 5 Tingkatan Manusia Dalam Islam

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Salam..!! Syukur alhamdulillah tepat hari ketiga berpuasa ingin Saya berbagi untuk Memahami 5 Tingkatan Manusia Dalam Islam Insya Allah dengan paham akan tingkatan manusia yang ada adalah topik yang ingin Saya angkat dari diskusi ketika silaturahmi dengan para Sohabat di UBER Bandung jum'at lalu tentu dengan tema serupa dengan yang ingin Saya posting kali ini.

5 Tingkatan Manusia Dalam Al Quran

Bersama dengan ini mari kita sama-sama bedo'a semoga apa yang menjadi pembelajaran kita kali ini bisa menjadikan kita Umat Islam masuk dalam tingkatan yang lebih baik di hadapan Tuhan kita Allah Subhanahu WaTa'ala dengan Tanamkan Komitmen Dalam Diri Yang Menjadi Prioritas sebagai awalan agar proses dapat berjalan dengan baik. Disini Saya akan ambil secara garis besarnya saja, pasalnya tidak sedikit jika dibahas secara detail atau menyeluruh, adapun 5 Tingkatan Manusia Dalam Al Qur'an yang akan dibahas dari yang paling utama adalah sebagai berikut.

1. Mujahid
Apa Itu Mujahid? Mujahid adalah tingkatan manusia yang berjuang untuk agamanya, disini adalah jalan Allah atau berjuang di jalan Allah Subhanahu WaTa'ala. Menurut Saya Umat Islam dikatakan mujahid adalah bagi mereka yang sudah mampu melewati tahapan atau proses dari tingkatan manusia yang paling dasar sampai pada akhirnya masuk ke tingkatan paling utama yakni Mujahid. Dan ini terkandung melalui Al Qur'an Surat Muhammad 47:4

muhammad_47_4







"Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berakhir. Demikianlah apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka"

Akan menjadi benalu bagi mereka yang belum paham betul akan tingkatan manusia ketika memutuskan menjadi seorang mujahid tanpa landasan Ilmu yang cukup. Seperti halnya banyak kejadian yang mengatasnamakan Islam aksi yang dibilang adalah karena berdasarkan ajaran Islam sebagai Mujahid, dengan melakukan berbagai tindak anarkis bahkan sampai disebut teroris (Islam teroris) miris karena salah kaprah!!, justru tidak mencerminkan Umat Islam yang sebenarnya disitu, sampai-samapi Islam diera modern saat ini dipandang jelek akibat dari minimnya ilmu seseorang dalam menanggapi perkara satu ini serta campur tangan orang-orang kafir yang memang tujuannya adalah menghancurkan Islam. Masih banyak aksi yang dapat dilakukan dalam rangka berjuang di jalan Allah sebenarnya jika kita paham, seperti halnya Para Ulama yang mensyiarkan ajaran Allah dengan berceramah itu menurut Saya sudah bisa dikatakan Mujahid, dan lain sebagainya tanpa harus melakukan tindak kekerasan karena sedikitpun itu bukanlah Cermin Islam [...]


Berbagi Kreativitas Updated at: 06.53.00