Mengenal Android Dan Sejarah Android

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com -بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Selepas baca-baca seputar teknologi yang namanya semakin membumbung tinggi di dunia Saya putuskan untuk posting yakni Mengenal Android Dan Sejarah Android menjadi topik pembahasan seputar teknologi hari ini. Apa Itu Android? dan seperti apa Sejarah Android? Saya yakin di antara Sahabat sudah banyak tahu akan hal ini namun sebagai bentuk partisipasi blog yang bertemakan informasi Saya hadir untuk Anda yang ingin belajar dan mengetahui saja, bagi Anda yang sudah tahu bisa abaikan saja.

Mengenal Android Dan Sejarah Android

Mengenal Android
Android adalah sistem operasi yang berbasis linux digunakan telepon seluler seperti smartphone dan komputer tablet. Android memiliki platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan sebuah aplikasi. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Perilisan perdana Android dilakukan 5 November 2007, Android dan Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembang standar terbuka pada perangkat seluler. Di kutahui juga di dunia saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Sejarah Android
Sejarah mencatat adanya Kerjasama antara Google dan Android Inc pada Juli 2005, perusahaan yang menduduki keberadaan di Palo Alto, California Amerika Serikat. Nama-nama para pendiri Android Inc yang ketika itu bekerja sama dengan Google di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak terdapat anggapan fungsi dari Android Inc hanyalah perangkat lunak yang di gunakan untuk telepon seluler.

Sejak itu munculah rumor yang mengatakan bahwa Google akan memasuki pasar sesuler. Di perusahaan Google sendiri, terdapat tim yang dipimpin oleh Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Awal Produk tahun 2007-2008 berkiprah dan di mulai sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Kiprah berkembangnya Android yakni program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications di lanjutkan ketika ada anggota baru yang datang bergabung dalam program kerja tersebut dan di umumkan pada 9 Desember 2008. yang di produksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukkan Open Handset Alliance, OHA juga mengumumkan produk perdana mereka, yaitu Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis banyak dilakukan pembaharuan terkait Androit untuk perbaikan bug dan penambahan fitur baru.


Berbagi Kreativitas Updated at: 20.29.00