Cara Agar Akun Facebook Aman Dari Hacker

Sering Saya melihat keluhan keluar dari teman-teman Facebook serta fenomena yang kerap terjadi di Facebook. Biasanya mereka mengutarakan unek-unek melalui status facebook. Paling tenar yang di bahas salah satunya adalah penyusup! kena hack, dibajak dan lain-lain. Lebih umum teman-teman kenal dengan sebutan Hacker. Sebenarnya sudah ada pengaturan khusus dari pihak Facebook untuk member fb akan tetapi kebanyakan teman-teman kita tidak tahu bagaimana cara agar akun facebook aman dari tindakan jahil yang di lakukan oleh Hacker.

Kalau Anda baca artikel ini kasih kabar atau bantu teman-teman facebook Anda dengan share tutorial posting ini kepada banyak teman di facebook. Dengan begitu satu aksi Anda akan memberikan manfaat bagi orang banyak. Selain itu bagi Anda pahala didapat dan, juga ilmu atas informasi yang Saya bagi untuk Anda. Bagaimana cara? perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut :

[1]Sembunyikan Informasi Pribadi
Data pribadi yang Saya maksud adalah data paling krusial disini! Data yang sering di gunakan oleh hacker kacangan tapi cukup berpeluang Anda kena hack yaitu Email artinya! jangan publikasikan email FB pada facebook atau lainnya. Bukan seperti TTL, No HP atau data lain yang tidak ada hubungannya dengan keamaan akun facebook Anda. Kecuali Anda hobi tukeran HP sama si-doi! bukan tukeran no hp ya..

[2]Ingat Password & Email Facebook Anda
Kejadian ini sering dialami dan, Saya sendiri secara langsung mengalaminya. Masih banyak teman-teman kita yang bisanya hanya pakai. Seperti ingin punya akun fb minta buatin orang tanpa tahu email apa dan milik siapa yang digunakan. Kalau ada masalah akhirnya, Akun Facebook di biarkan begitu saja, akun nganggur tapi masih aktif akhirnya di salah gunakan oleh orang. Gunakan password jangan menggunakan ttl+nama Anda atau nama tempat favorit/ seleb favorit dll yang mudah ditebak! Gunakan angka acak dan tanda seperti (_, -, S) yang mudah di ingat! atau bila perlu simpan di HP catatan mini seperti notepad atau lainnya.

[3]Akses/ Login Via Alamat Facebook
Maksudnya adalah ketika Anda login Facebook pastikan masuk secara langsung ke alamat www.facebook.com bukan dari yang lain! Perhatikan baik-baik setiap tanda titik(.) huruf dengan seksama. Peluang yang sering di gunakan oleh hacker kacangan mereka menggunakan teknik Phising yaitu, teknik membuat clone laman facebook artinya facebook kw. Ketika Anda login melalui laman phising data akses yang di input akan terekam masuk database sipembuatnya.

[4]Jadikan Akun Facebook HTTPS
HTTPS adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server dan klien. Biasanya HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll karena aman seperti halnya Facebook. Tapi secara default Akun Facebook Anda menggunakan HTTP (mudah dibobol) bukan HTTPS, oleh karenya ini sangat penting diubah! Untuk merubah HTTP Akun Facebook Anda menjadi HTTPS ikuti : (Account Setting) - Keamanan (Security) - Aktifkan Jelajah Aman (Secure Browsing)

[5]Jangan Simpan Password Anda di Browser
Pada kasus ini khusus bagi yang suka ngenet di Warnet! Dan, apalagi kalau di komputer warnet tidak menggunakan Deep Freeze, tapi walau menggunakan Deep Freeze tetap jangan simpan password. Sebab selama komputer belum di restart password akan bisa diliat oleh orang. Konfirmasi simpan password biasanya akan keluar ketika Anda login Facebook. Cara agar password tidak tersimpan "jangan cental simpan password".

[6]Cek Passwords Pada Browser
Walau Anda merasa tidak pernah centang simpan password seperti no.5 tetap lakukan pengecekan kalau ngenet di warnet! Suka akses Facebook melalui laptop milik pribadi? sebaiknya cara ini tetap Anda lakukan. Sebab kita tidak pernah tahu hati seseorang, siapa tahu ada teman Anda dan, teman-temannya Anda yang kebetulan pinjem laptop. Masih ada hubungannya sama cara no.5 - Browser yang Anda gunakan apa? kalau Saya lebih suka Firefox! cara cek ikut : Pilih (Option) - (Menu Security) - Klik tombol (Saved Passwords), kalau kosong berarti tidak ada passwords yang tersimpan. Kalau ada, cek dengan : Klik data (Show passwords) - Pilih (Yes!) Kalau itu password Anda klik data lalu (klik remove). Kalau password orang lain atau teman Anda! baiknya jangan lama-lama mikir, langsung remove juga!

[7]Jangan Lupa Logout
Pada kasus ini wajib! bagi kamu melakukannya. Sekalipun Anda merasa tidak pernah menyimpan password (centang simpan password) seperti pada cara no.5 Sebab banyak jalan cara membobol atau hack akun fb Anda. Cara ini merupakan pencegahan yang wajib dan umum harus Anda lakukan. Setelah logout lanjutkan dengan Ctrl+Shift+Delete tekan secara bersamaan lalu klik OK. Diwarnet ada biasanya beberapa fungsi komponen yang di disable! kalau begitu abaikan saja yang penting klik logout jangan lupa!

Tersebut adalah tips yang bisa Saya sampaikan semoga bermanfaat! Baca juga artikel terkait tentang Facebook lainnya dan, ditunggu info dan tips menarik lain hanya di Berbagi Kreativitas - Wasalam!


Berbagi Kreativitas Updated at: 07.43.00