Dua Kalimah Syahadat

berbagi-kreativitas.blogspot.com - Syahadat (Bahasa Arab: الشهادة asy-syahādah Tentang suara ini audio (bantuan·info)) (dari kata شهد syahida, "(ia telah) menyaksikan") adalah pernyataan kepercayaan dalam keesaan Tuhan (Allah) dan Nabi Muhammad sebagai RasulNya dan Dua Kalimah Syahadat ini merupakan asas dan dasar bagi salah satu Rukun Islam yang lima. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam.

Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat). Kedua kalimat syahadat itu adalah:

Artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT

Artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah Rasul / utusan Allah SWT.

Ikrar pertama menunjukkan pengakuan tauhid. Artinya, kita hanya mempercayai Allâh Subhanahu WaTa'ala sebagai Ilah. Ilah adalah 'Tuhan' dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau menjadi tujuan kita umat Islam. Jadi dengan mengikrarkan ikrar pertama, kita memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allâh sebagai tujuan, sebagai motivasi, dan sebagai jalan hidup kita umat Islam. Hanya Allâh, dan tidak ada satupun selain dari padannya.

Ikrar kedua menunjukkan pengakuan bahwa Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam adalah utusan Allâh Subhanahu WaTa'ala. Dengan ikrar ini kita memantapkan diri untuk meyakini ajaran Allâh Subhanahu WaTa'ala seperti yang disampaikan melalui Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam, seperti misalnya mengambil nama Islam sebagai nama ajaran Allâh ini, memegang Al-Qur`an sebagai kitab panduan bagi seluruh umat manusia, mengambil hukum-hukum seperti yang ditetapkan Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam, dan meyakini hadis-hadis Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Termasuk di dalamnya adalah tidak mempercayai klaim kerasulan setelah Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam karena itu bohong.

Perlu diperhatikan artikel yang bersumberkan dari tahap pemahaman pribadi dan dari berbagai sumber terpercaya jadi tidak ada omong kosong disini, postingan ini saya sengaja posting untuk pembelajaran pribadi saya, dan ingin membagikannya pula kepada sahabat saudara/i seagama khususnya & umumnya untuk seluruh Insyan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org,  
www.kafemuslimah.com


Berbagi Kreativitas Updated at: 18.56.00