Shalat 5 Waktu Belajar Shalat Fardhu, Hukum, Waktu Shalat

Berbagi-Kreativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Alhamdulillah pada kesempatan yang penuh dengan karunia-Nya Saya bisa hadir untuk share belajar tentang Shalat 5 Waktu Belajar Shalat Fardu, Hukum, Waktu Shalat . Yang mana sebelumnya telah di bahas yang menjadi pembelajaran dasar untuk belajar Pengertian Definisi Shalat Belajar Islam  Postingan islam belajar untuk menjadi orang yang benar-benar islam bisa kita tanamkan dalam hati Sodara/i bisa Anda dapatkan di blog sederhana ini. Selain dari sumber-sumber yang dapat di percaya Saya Suhendri Mr selaku Admin akan memberikan yang terbaik terkusus untuk tema yang penuh dengan nuansa islam Belajar Dakwah (berseru atau mengajak) Belajar Islam

Shalat 5 Waktu Belajar Shalat Fardhu, Hukum, Waktu Shalat

Apa Itu Shalat Fardhu
Shalat Fardhu adalah secara kususnya ibadah wajib atau shalat wajib yang di dirikan 5 kali dalam sehari. Interaksi secara langsung antar Umat dan Tuhan Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang di lakukan berdasarkan ketentuan syarat-syarat tertentu. Secara umum bisa lihat pengertian definisi shalat belajar islam. Shalat merupakan pondasi bagi umat islam. Banyak di jelaskan melalui ayat-ayat Al Qur'an dalam pembahasan shalat 5 waktu seperti pada Surat Al Israa 17: 78-79 dan Hud 11: 114

Surat Al Israa 17: 78-79
aqimi alshshalaata liduluuki alsysyamsi ilaa ghasaqi allayli waqur-aana alfajri inna qur-aana alfajri kaana masyhuudaan

[17:78] Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh865. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

(865): Ayat ini menjelaskan: waktu-waktu shalat yang lima. Tergelincir matahari untuk waktu shalat Dzuhur dan Ashar, gelap malam untuk shalat Magrib dan Isya

Hud 11: 114
wa-aqimi alshshalaata tharafayi alnnahaari wazulafan mina allayli inna alhasanaati yudzhibna alssayyi-aati dzaalika dzikraa lildzdzaakiriina

[11:114] Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Hukum Shalat Fardhu
Hukum shalat fardhu adalah Rukun islam yang ke-2 fardu 'Ain maksudnya wajib hukumnya bagi setiap muslim yang telah masuk dalam usia baligh atau dewasa, kecuali berhalangan bagi perempuan "mens" dan halangan lainnya sesuai ketentuan serta syarat tertentu untuk orang muslim dapat menunda shalat, seperti sedang melakukan perjalanan jauh akan ada waktu untuk menggantinya. (akan di bahas Artikel Islam)

       Tanda-Tanda Baligh
       * Mengetahui, memahami, tau dan bisa membedakan mana hal yang haq dan batil
       * Mencapai usia 15 tahun untuk laki-laki dan atau sudah pernah mimpi basa dan
       * Mencapai usia 9 tahun untuk wanita dan atau sudah mengalami mensturasi
          (Selengkapnya akan di bahas)

Beberapa dalalam Surat An Nuur 24: 59 di jelaskan

Surat An Nuur 24: 59
wa-idzaa balagha al-athfaalu minkumu alhuluma falyasta/dzinuu kamaa ista/dzana alladziina min qablihim kadzaalika yubayyinu allaahu lakum aayaatihi waallaahu 'aliimun hakiimun

[24:59] Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur balig, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin1050. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. 

(1050) Ayat ini menjelaskan: Anak-anak dari orang-orang merdeka yang bukan mahram, yang telah balig haruslah minta izin dahulu jika hendak masuk menurut cara orang-orang yang tersebut dalam ayat 27 dan 28 surat ini meminta izin.


Waktu: Shalat 5 Waktu
  • Shalat Subuh
  • Shalat yang terdiri dari 2 raka'at. Waktu Subuh di awali dari munculnya fajar shaddiq, yaitu cahaya putih yang melintang dari ufuk timur. Waktu berakhirnya subuh ketika terbit Matahari.
  • Shalat Dzuhur
  • Shalat yang terdiri dari 4 raka'at. Waktu Zhuhur di awali ketika Matahari telah tergelincir (condong) kearah barat. Waktu berakhirnya ketika masuk Asyar.
  • Shalat Asyar
  • Shalat yang terdiri dar 4 raka'at. Waktu Asyar di mulai jika panjang bayang-bayang melebihi panjang benda itu sendiri. Waktu berakhirnya ketika terbenamnya Matahari.
  • Shalat Magrib
  • Shalat yang terdiri dari 3 raka'at. Waktu Magrib di awali dari terbenamnya Matahari. Waktu berakhirnya ketika masuk waktu Isya
  • Shalat Isya
  • Shalat yang terdiri dari 4 raka'at. Waktu Isya di awali dengan hilangnya cahaya merah (syafaq) dilangit barat. Waktu berakhirnya hingga terbit fajar shaddiq pada keesokan harinya.


Berbagi Kreativitas Updated at: 17.14.00