Mengenal Hari-Hari Besar Islam

Berbagi-Kreaativitas.blogspot.com - بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Assalamu 'alaikum Sodara/i ku mari belajar islam, salah satunya dengan Mengenal Hari-Hari Besar Islam bersama Berbagi Kreativitas blog disini. Banyak hari-hari besar kita kenal baik Nasional ataupun Internasional, tapi apakah Anda Mengenal Hari-Hari Besar Islam? (Umat Islam). Belum? sama hehe. Maka dari itu mari kita kenali karena di dalam hari besar islam terdapat ilmu, pencerahan dan rahmat yang sangat bermanfaat.

Mengenal Hari-Hari Besar Islam

Di dalam islam hari besar islam memiliki peranan penting untuk kita umat muslim, selain dari pada bentuk ibadah untuk di peringatinya hari besar tersebut tentu memiliki sejarah terkait islam itu sendiri jadi sebagai umat islam Saya pikir wajib hukumnya untuk di ketahui. Yang Saya ketahui ada 8 hari besar islam lihat sebagai berikut

Hari Besar Islam
  • 1 Muharam (Hari pertama tahun hijriah)
  • 10 Muharram ('Asyura)
  • 12 Rabiul Awal (Hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam)
  • 27 Rajab (Hari Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam)
  • 15 Sya'ban (Malam Nisfu Sya’ban)
  • 17 Ramadhan (Malam Nuzulul Qur'an)
  • 1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri)
  • 10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha)
1 Muharam (Hari pertama tahun hijriah)
Muharam (محرّم) merupakan hari pertama tahun hijjriah dalam perhitungan kalender hijjriah yang di gunakan umat muslim dan di peringati hari besarnya. Muharam (محرّم) berasal dari bahasa arab Muharram yang artinya haram atau "di haramkan", "di larang" yang maksudnya di larang untuk melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Tanggal 1 Muharram adalah hari tahun baru dalam agama islam. Muharram menjadi salah satu dari empat bulan suci yang di sebutkan dalam Al-Quran. "Jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, tersebut dalam Kitab Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Di antara kedua belas bulan itu ada empat bulan yang disucikan."

10 Muharram ('Asyura)
Sedikit cerita sejarah pada 10 Muharram (Asyura) Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam berkata "Kami lebih dekat hubungannya dengan Musa daripada kalian". yang ketika itu beliau sedang Hijrah dari Makah ke Madinah menjumpai orang-orang yahudi di Madinah biasa berpuasa pada tanggal 10 Muharram. Menurut orang-orang Yahudi, tanggal 10 Muharram bertepatan dengan hari ketika Nabi Musa dan pengikutnya di selamatkan dari kejaran bala tentara Firaun dengan melewati Laut Merah, sementara Firaun dan tentaranya tewas tenggelam. Dan pada akhirnya Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam menyarankan agar umat Islam berpuasa pada hari 'Asyura dan sunnah hukumnya.

12 Rabiul Awal (Hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam)
12 Rabiul Awal sering mungkin Sodara/i mendengar Tahun Gajah yaitu adalah hari kelahiran seorang figur umat sedunia Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Nabi terahir yang di utus oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bentuk keabadian yang di hadiahkan kepada baginda Muhammad S.A.W adalah tapak yang selalu di peringati setiap tahunnya seluruh umat yaitu Maulid Nabi.

Selawat ke atas Nabi Muhammad S.A.W merupakan suatu amalan yang di syariatkan oleh Islam. Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala [Surah Al-Ahzab: 56]

inna allaaha wamalaa-ikatahu yushalluuna 'alaa alnnabiyyi yaa ayyuhaa alladziina aamanuu shalluu 'alayhi wasallimuu tasliimaan

[33:56] Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi1230. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya1231.

27 Rajab (Hari Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam)
Pada 27 Rajab Allah Subhanahu WaTa'ala menunjukkan kebesarannya melalui Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam di mana Hari Isra' Mi'raj di lakukan.

Isra' Mi'raj adalah berasal dari bahasa (arab, الإسراء والمعراج al-’Isrā’ wal-Mi‘rāğ) dua bagian dalam perjalanan Rusulullah yang di lakukan hanya satu malam saja, jika di pikir oleh logika tidak akan sampai dan percaya tapi itulah kebesaran yang Maha Esa tidak bisa di ukur dengan logika tapi harus di ukur dengan iman. Dan pada peristiwa tersebut juga Rasullullah mendapatkan perintah dari Allah Subhanahu WaTa'ala untuk menunaikan Shalat Lima Waktu sehari semalam.

15 Sya'ban (Malam Nisfu Sya’ban)
15 Sya'ban (Malam Nisfu Sya’ban) merupakan bulan yang penuh rahmat di mana kita sebagai umat muslim di sarankan untuk banyak-banyak melakukan ibadan (tidak hanya pada bulan itu saja), di kokohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam melalui peristiwa yang di alami beliau

 "Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu (15) Sya’ban, seraya berkata, Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit"

Lalu Rasulullah bertanya, "Malam Apa Ini Jibril?"
Jibril menjawab, "Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat. Tuhan mengampuni kesalahan orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, tukang nujum, orang bermusuhan, orang yg terus menerus minum khamar (arak atau minuman keras), terus menerus berzina, memakan riba, durhaka kepada ibu bapak, orang yang suka mengadu domba dan orang yang memutuskan silaturahim. Tuhan tidak mengampuni mereka sampai mereka taubat dan meninggalkan kejahatan mereka itu"

Bisa di simpulkan bahwa pada bulan itu kita umat muslim di sarankan untuk banyak-banyak beribadah mohon ampun (bertaubat) hanya karena Allah Subhanahu WaTa'ala dengan mengharap ridho-Nya semata.

17 Ramadhan (Malam Nuzulul Qur'an)
17 Ramadhan adalah peristiwa malam Nuzulul Qur'an yang menurut harfiah adalah turunnya kitab suci Al Qur'an. Al Qur'an yang di turunkan oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam adalah secara bertahap atau berangsur-angsur yang memiliki banyak hikmah di antaranya:

1. Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat
2. Tantangan dan Mukjizat
3. Memudahkan Hafalan dan Pemahamannya
4. Relevan dengan Pentahapan Hukum dan Aplikasinya
5. Menguatkan bahwa Al-Qur'an benar-benar dari Allah yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji

1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri)
Hari Raya Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر ‘Īdu l-Fiṭr) adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan hijriah merupakan hari besar yang sangat di idam-idamkan atau di tunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam sedunia, mengapa tidak? karena pada hari besar tersebut ibarat kita itu adalah seorang bayi yang baru lahir suci, dosa-dosa yang kita punya terhapus karena ridho Allah Subhanahu WaTa'ala.

10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha)
Hari Raya Idul Adha adalah hari raya kurban. Ketika itu dan sampai saat ini kita umat Islam di suguhi bentuk cinta yang luar biasa, cinta, ikhlas dan tulus kesetian yang di berikan Nabi Ibrahim 'Alaihissalam kepada Tuhan Allah Subhanahu WaTa'ala yang mendapat perintah untuk menyembelih anak kesayangannya Ismail 'Alaihissalam tanpa ragu beliau langsung menjalankan perintah tersebut. Dan melihat betapa cinta dan tulus hamba kepada tuhannya itu atas kebesaran yang Maha Kuasa seketika pedang yang sudah sampai di leher Ismail 'Alaihissalam di lumuri darah seekor domba. (digantikan dengan seekor domba). Subhanallah...

Referensi:
  • http://id.wikipedia.org/
  • http://www.miit-toronto.org/bulan_Muharam.htm
  • http://www.islam2u.net/
  • http://www.acehforum.or.id/showthread.php?t=3480&page=1
  • http://www.dudung.net/ 
  • http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/07/15/malam-nisfu-syaban/ 
  • http://www.bersamadakwah.com/2011/08/hikmah-nuzulul-quran.html


Berbagi Kreativitas Updated at: 23.41.00